Sumber Daya per-Tambang-an di Indonesia

Sumber Daya per-Tambang-an di Indonesia

Indonesia memiliki luas wilayah  1.904.569 km persegi dan sekitar 5% merupakan parairan, ada peribahasa yang mengatakan Indonesia adalah “Gemah ripah Loh Jinawi” yang artinya kekayaan hasil bumi yang melimpah. Negeri timur yang sejak abad ke 16 diserbu oleh negara-negara barat dalam rangka merkantilisme, kolonialisme dan imperialisme. Kekayaan sumber daya alam menjadi faktor tiga -isme tersebut pernah terjadi di Indonesia, dan inilah bukti kekayaan barang tambang ada di Indonesia.

Salah satu alat untuk memproses Sumber Daya tersebut adalah pompa. Pompa slurry banyak digunakan untuk mengangkut material yang korosif / abrasif nya tinggi yang banyak terdapat pada industri seperti Emas, Perak, Bijih Besi, Timah, Baja, Batubara, Titanium, Tembaga, Pasir Mineral, Timbal dan Seng. Berbagai industri lainnya meliputi Molibdenum, Electric Utilities, Oil Shale, Utilitas Air & Limbah, Pasir & Kerikil, Tembakau dan Pertanian. Slurry Pump dikelompokkan berdasarkan:

Jumlah impeller: pompa slurry tahap tunggal dan multistage
Posisi poros dari horisontal: pompa lumpur horizontal dan vertikal
Cara hisap impeller: hisap tunggal dan pompa lumpur hisap ganda
Struktur casing pompa: casing padat, split case horizontal, dan vertical split-case slurry pump.

Parameter yang ditentukan sebelum memilih pompa lumpur yang sesuai adalah kapasitas, head, kapasitas penanganan padatan, efisiensi dan daya, kecepatan dan NPSH (net positive suction head).

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *