Kompor Memasak (Justa Stove) dengan bahan bakar Briket

Kompor Memasak (Justa Stove) dengan bahan bakar Briket

Justa Stove atau kompor Justa merupakan salah satu jenis kompor yang kehadirannya akibat dari bencana alam yang melanda Amerika Tengah pada tahun 1998. Kompor ini memiliki fitur yang menggabungkan prinsip pembakaran bersih dengan kearifan lokal (bahan baku dan meterial yang terdapat di tempat itu).

Kompor justa dikenal sebagai teknologi Rocket Elbow dikembangkan oleh Dr. Larry Winiarski. Rocket Elbow merupakan perangkat memasak yang mudah dibuat, mudah beradaptasi dan murah, karakeristik dari kompor ini adalah poros yang berbentuk longsong keramik atau tanah liat yang berfungsi sebagai ruang bakar. Elbow (siku) duduk diwadah logam atau bata dan ruang di sekitar sikuterisi dengan insulasi ringan. Fitur utama dari teknologi ini adalah bagian cerobong asap dari ruang bakar, yang dirancang untuk menarik udara kedalam api dan menjebak panas dan permukaan atas elbow dapat digunakan untuk memasak .

Kompor Justa

 

Kompor justa mampu menghemat sekitar 70% untuk konsumsi kayu bakar dibandingkan dengan bentuk kompor memasak tradisional yang sudah berlangsung lama. Hal ini berarti dapat membantu melindungi sumber daya hutan dan air, karena masyarakat tidak memerlukan kayu bakar yang banyak untuk memasak.

Selain keuntungan secara ekonomi dan lingkungan, dampak kesehatan juga menjadi salah satu keunggulan komor justa ini, karena cerobong asap mampu membuang sekitar 95% gas beracun yang dihasilkan kayu.

Menurut WHO (World Health Orgnization) lebih dari 1,6 juta orang penduduk dunia, terutama wanita dan anak-anak meninggal setiap tahun karena polusi udara yang diperoleh dari metode memasak tradisional dengan api yang terbuka

 

Share

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *